Tips Membeli Kue Khas Aceh

BintangEmpat.com, Banda Aceh. Dalam perjalananku dengan mobil bersama keluarga dari Banda Aceh menuju ke Kota Paling Ujung Timur Aceh Utara, Senin (24/12), kami berhenti diujung sebuah jembatan kecil tepatnya di Meuraksa, yaitu sebuah kampung di kecamatan Meureudu tempat di mana kue adee diproduksi dan dijual. Meureudu adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya. Kabupaten muda ini berbatasan dengan Kabupaten Aceh Pidie dan Bireuen.

Bingung adalah ekspresi pertama ketika kami turun dari motor di depan dua buah kios yang di depannya bertuliskan Kue Adee Kak Nah dan satunya lagi Kue Adee Kak Mah. Sedangkan di sebelahnya lagi ada banyak sekali kios yang menjual kue adee dengan nama yang hampir sama dan posisi kios yang bersebelahan. Kue Adee Kak Mah, Kue Adee Kak Nah, Kue Adee Kak Fatimah, dan Kue Adee-Kue Adee yang lainnya. Tapi jangan khawatir, di kios manapun anda berhenti, sapaan dan senyuman ramah akan menyelamatkan anda dari kebingungan.

Saat kami menanyakan tentang kue khas Aceh ini terjual pada saat hari libur seperti sekarang ini, Ridwan Fahmi salah satu karyawan di toko tersebut menjelaskan,kalau waktu liburan kuenya bisa terjual dua kali pat dari hari hari biasa.
Kalau bukan waktu liburan kue adee hanya bisa terjual 500 kotak ,kalau tiba waktu liburan seperti sekarang ini mencapai 1000 kotak.

Etalase kue adee yang masih di dalam loyang di salah outlet Kue Adee Kak Nah
Kue Adee Kak Nah adalah merek Kue Adee yang sangat terkenal di Aceh karena rasanya yang enak dan khas. Ada dua jenis kue adee yang dijual yaitu yang berbahan tepung dan ubi. Keduanya memiliki keunikan rasa tersendiri. Namun rasa dominannya adalah manis dan rasa pandan yang berpadu dengan tekstur kue yang lembut, kenyal serta aroma manis dan bawang goreng yang menggugah selera.

Sedikit tips sebelum anda membeli, pilihlah yang permukaannya yang berwarna coklat agak kehitaman karena bagian yang berwarna lebih gelap itu lebih enak dan khas. Yang terakhir, kue Adee ini akan semakin nikmat bila disantap dengan segelas kopi panas atau sanger dingin. Kami jamin rasanya akan semakin mantap!

Muhammad

Tinggalkan Balasan