INFO

LITERASI DIGITAL KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Selasa, 02 November 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang BIJAK SEBELUM MENGUNGGAH DI MEDIA SOSIAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Perkembangan dunia menuju dunia tanpa batas telah banyak merubah berbagai aspek kehidupan.

Proses ini menggerakkan perdagangan bebas antar benua, perpindahan manusia, barang, dan modal yang semakin leluasa, serta pemakaiaan sumber daya-sumber daya diseluruh dunia menuju efisiensi yang lebih tinggi. Bijak berarti kita sudah tahu tentang etika berdigital, etika digital merupakan penyebaran informasi melalui teknologi menyebar tanpa arah dan batasan di era internet. Perkembangan Teknologi dan Informasi pun menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan yang ada pada akhirnya memberi dampak pada perubahan perilaku. Melihat kecenderungannya sekarang, masyarakat mudah tersulut dengan beredarnya berita hoaks. Etika digital yang baik termasuk menggunakan bahasa dan penulisan kata baik pada saat mempublikasikan di media sosial agar tidak menyinggung pihak lain. Memberikan informasi yang sesuai dengan fakta dan tidak membuat konten yang mengandung SARA, menurut Reza Kurniawan, S.T sebagai Content Creator.

Informasi adalah data yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi, hanya informasilah yang mempunyai nilai untuk memudahkan orang mengambil keputusan. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Jejak digital di media sosial antara lain, unggahan foto, aktivitas berbagi pesan, mengunjungi laman situs, unggahan konten atau meninggalkan komentar, mengisi data pribadi, internet banking, dan masih banyak lainnya. Data-data tersebut merupakan jejak digital yang tanpa sadar akan tersimpan secara abadi di internet, menurut Dr. Iskandar Tsani, M.Ag sebagai Dosen IAIN Kediri.

Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Influencer mengatakan, etika digital dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan dan kenyamanan pengguna lain. Keamanan digital, setiap warga supaya dapat menjaga dan berhati-hati dalam penyimpanan informasi dari pihak yang bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan