‘Selo Bonang’ Lembah Batu Bernyanyi, Nama Polisi Disebut

BintangEmpat.Com – Banyak sekali destinasi tempat wisata di Indonesia yang bisa membuat kita takjub dan kagum. Salah satunya adalah Wisata Lembah Batu Bernyanyi yang dikenal dengan sebutan Selo Bonang.

Selo Bonang merupakan nama jenis batuan yang menghasilkan bunyian indah layaknya nada musik gamelan tradisional seperti gamelan sendro dan pelog. Menariknya lagi, Selo Bonang juga ditemukan bernada Cromatic piano konvensional.

Lihat Videonya

Pemandangan di tempat ini juga tak kalah indah suasana dan panoramanya, bahkan bisa dibilang ‘tersembunyi’ karena jarang dikunjungi wisata lokal tapi sudah banyak para traveler di dunia seperti wisatawan asal Spanyol, Jerman, Australia dan Polandia.

Selo Bonang bahkan telah mendapatkan banyak pengakuan dari traveler dunia yang pernah mengunjungi dan membuktikan pesona keunikan dan misteri Lembah Batu Bernyanyi yang ditemukan oleh seorang Polisi 4 Tahun lalu di sebuah Lembah di Pegunungan Hyang Timur Argopuro, Jember, Jawa Timur.

Seperti turis, Marzeena (27), turis asal Warsawa, Polandia. Dia menunjukkan kekaguman keindahan Selo Bonang. “Saya sangat senang menerima berita yang begitu indah dari salah satu tempat yang paling menajubkan yang pernah saya kunjungi”, ucap Marzeena.

Ditempat yang sama, turis Beatriz (25) Asal Marbela, Spanyol, terpesona dengan keindahan Selo Bonang, bahkan dia memuji polisi yang diketahui pengelola sekaligus yang punya tempat lokasi.

“Ini adalah pelerjaan besar yang menunjukan kepada dunia, terimaksih polisi, tempat ini (Selo Bonang) sungguh indah”, ujar Beatris

Diketahui, Hadi Poernomo, adalah seorang polisi pengelola sekaligus pemilik lahan Obyek Wisata Selo Bonang mengatakan jika bentangan alam di Kawasan ini memiliki sejuta pesona dan layak dipromosikan kepada dunia.

“Dengan potensi yang besar itu, Dusun Sumbercandik, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Jember, yang terletak di bawah kaki Gunung Argopuro itu memiliki masa depan cerah sebagai potensi wisata dunia yang dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat pinggiran,” ujarnya, (29/2/2020).

Selain Obyek Wisata Selo Bonang, Potensi yang dimiliki desa ini diantaranya, air terjun, keindahan alam, hasil pertanian,perkebunan kopidan buah-buah, keramahan masyarakat lokal, kekompakan pemuda serta aktivitas masyarakat yang masih tradisional. Selain itu, di desa ini memiliki kesenian asli yang dimanfaatkan untuk menyambut para tamu wisatawan.

Rata-rata, para wisatawan mengatakan Selo Bonang termasuk daerah yang memiliki daya menarik dengan kearifan lokal masyarakatnya ramah-ramah. Selain itu, desa itu masih alami sehingga, kehidupan masyarakatnya begitu Bersahaja namun menyimpan segudang pesona sunrise Alam Seribu Bukit di Kabupaten Jember.

Wisata Selo Bonang juga berdampak pada perkenomian warga sekitar, baik dari segi ekonomi maupun tempat bermain anak-anak.

Ginem (55), warga Dusun Sumbercandik, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Jember, Jawa Timur, yang rumahnya tak jauh dari lokasi Selo Bonang mengatakan manfaat wisata itu.

“Wisata ini menambah penghasilan warga sekitar dengan menjual makanan khas desa, tak hanya itu, anak-anak juga sering bermain ditempat ini”, terangnya.

Selo Bonang yang dikelola sejak tahun 2012 oleh seorang polisi, Aipda Hadi Poernomo, dinas di Polsek Arjasa, Polres Jember. Dia menuturkan bahwa pernah jatuh batu meteor berwarna hijau seberat 2 kilo gram.

“Iya ada barangnya, sudah diuji laboratorium gemologist. Makanya selo Bonang itu direkomendasi jadi wisata sejarah Geologi Gunung Argopuro purba yang sangat potensial”, jelas Hadi.

“Menurut para ahlinya jenis meteor Green moldavite adalah batuan meteor yang menabrak bumi 14 Juta tahun lalu, yang meninggalkan jejak kawah atau Lembah dimana tempat yang dijatuhi. Salah satunya yang terkenal didunia di sungai Moldo Rusia”, imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyebut akan menaikkan pangkat siapapun anggota Polri yang berprestasi. Ketika ditanya, jika mendapat apresiasi dari Kapolri, apa yang akan dilakukan.

“Saya ini prajurit pak, Tut Wuri Handayani”, ucap Hadi, polisi yang suka tersenyum ini.

Tak hanya itu, kisah Selo Bonang juga menyabet juara favorit lomba dongeng kearifan lokal yang digelar Perpustakaan Daerah Pemkab Jember, yang dibawakan oleh murid atau siswa SD Rukun Harapan, Kota Jember.

*Red.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

3 komentar pada “‘Selo Bonang’ Lembah Batu Bernyanyi, Nama Polisi Disebut

  • 1 Maret 2020 pada 6:21 AM
    Permalink

    Eh mbah indrij kapan main kesini ya

  • 1 Maret 2020 pada 4:11 AM
    Permalink

    kangen Selo Bonang dan warga setempat
    semoga semakin banyak warga yang mengunjungi wisata alam tersebut
    menikmati pemandangan dan batu bernyanyi

Komentar ditutup.