BERITA TERBARUPENDIDIKAN

Roadshow RTIK Pasuruan Edukasi Pelajar MI

BintangEmpat.com, Pasuruan – Relawan TIK Pasuruan gelar roadshow Internet Sehat dengan tema “Yuk Pakai Internet yang Sehat” ke MI Miftahul Ulum Banjangan Kecamatan Gondang Wetan Pasuruan, Sabtu (29/2).
Kegiatan dilaksanakan guna memberikan edukasi mengakses internet sehat kepada siswa siswi setempat. Pengenalan internet sehat yang disampaikan berupa edukasi mengenai pengenalan komputer dan penggunaan internet secara sehat dan tepat.

Baca Juga : Gandeng RTIK Pasuruan Desa Sidowayah Siapkan Jiwa Entrepreneur Warganya

Selain itu, materi yang diajarkan yaitu memanfaatkan internet, menggunakan aplikasi game-game edukasi, dan pengetahuan dampak negatif dari internet itu sendiri diantaranya maraknya tontonan pornografi yang mudah diakses, kecanduan game online serta dampak negatif lainnya.

Heboh… Polisi Temukan Batu Meteor dan Batu Kristal ‘Gatot Kaca’

Kedatangan Relawan TIK Pasuruan , mendapatkan sambutan antusiasme yang sangat tinggi dari Kepala Madrasah, Dewan Guru, serta puluhan siswa-siswi kelas 3-6 yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Melalui Road Shows Internet Sehat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman penggunaan internet secara benar dan sehat,” kata Ketua RTIK Pasuruan Kak Bro.

Menurutnya, penggunaan internet secara benar dan sehat perlu disosialisasikan sejak dini, jika tidak, dikhawatirkan kemajuan teknologi informasi bisa salah dimanfaatkan oleh anak-anak, karena anak sekolah rentan terhadap dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
“Sosialisasi merupakan salah satu fokus program Relawan TIK Pasuruan. Salah satu fungsi kegiatannya sosialisasi internet sehat kepada anak usia sekolah. Mengingat usia anak sekolah inilah yang rentan terhadap dampak perkembangan TIK,” ujar Kak Bro.

Baca juga : Lama Tak Terdengar Kabar Pelaku Penusukan Wiranto, Begini Kondisinya

Sementara itu, Kepala MI Miftahul Ulum Bajangan yang akrab di sapa Ibu Yuni mengapresiasi inisiatif Relawan TIK Pasuruan yang memberikan sosialisasi penggunaan internet sehat di madrasah yang dimpimpinnya itu.

“Hingga kini, pengetahuan siswa maupun tenaga pendidik terkait internet masih terbatas, namun setelah kegiatan ini diharapkan pengetahuannya dapat meningkat,” harap Yuni.
Ke depan dia berharap pelatihan serupa dapat dilakukan lebih sering, termasuk pendidikan TIK pada jenjang pendidikan SD/sederajat semakin berkembang sehingga para siswa SD/sederajat tidak salah dalam memanfaatkan TIK.

*iero