LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 11 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar LITERASI DIGITAL BEKAL MELAWAN KEJAHATAN RADIKAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Bersamaan dengan peningkatan jumlah pengguna internet tersebut, meningkat pula potensi pencurian data pengguna, penyalahgunaan data pengguna, pemrosesan data pengguna tanpa izin, dan lain-lain gangguan atau risiko dan bahaya bagi para pengguna tersebut.

Berbagai jenis serangan terhadap pengguna muncul seiring dengan pertumbuhan pengguna dan perkembangan teknologi, menurut Jamalul Izza sebagai Chairman Of Indonesia Internet Foundation.

Eunike Hanna Apriani S, S.Psi Guru Bimbingan Konseling mengatakan ciri-ciri konten media sosial yang tidak baik ialah membenarkan cara-cara kekerasan, glorifikasi disertai sikap anti RAS dan SARA, menyebar berita hoaks dengan manipulasi video atau foto.

Menurut Tetti Herawati Tambunan, S.Pd Kepala SMPN 2 SATAP PANGKATAN, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan menggunakan media digital, dengan beretika dan bertanggungjawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Literasi Digital membuat kita mampu berpikir kritis, kreatif dan inovatif, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan lancar, dan berkolaborasi dengan banyak orang.

Key Opinion Ichal Faisal seorang Broadcaster yang membagikan pengalamannya tentang literasi digital melawan kejahatan radikal bahwa bukan berarti tidak takut, keberanian berarti menaklukan ketakutan.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang