BERITA TERBARU

LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 29 November 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Joddy Caprinata sebagai Founder dan Coo Bicara Project menuturkan, menjadi cerdas di era digital bisa dengan cara menggunakan internet secara positif, seperti mengonsumsi konten yang baik, posting hal positif dan menahan postingan negatif, serta tidak mengakses konten ilegal. Lalu kreatif di internet dengan posting konten minat yang bermanfaat, menguasai produk digital, update produk digital, dan kembangkan konten. Selain itu, menggunakan internet dengan aman, seperti batasi informasi pribadi, waspada virus, dan password. Mizwar, S.E sebagai Budayawan Sumatra Utara memaparkan, gunakan internet dengan sehat di antaranya, unggah yang bermanfaat, no hoax and hate speech, hindari postingan porno, stop sara, dan diskriminatif propokatif. Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Tetti Herawati Tambunan, S.Pd sebagai Kepala SMPN 2 Satap Pangkatan menuturkan, kolom komentar merupakan sarana berkomunikasi atau berdialog antara pembaca dan penulis. Fungsi dari kolom komentar antara lain, memberi masukan perilah kesalahan dalam tulisan, tempat berdialog antara pembaca dan penulis, dan tempat untuk berkenalan. Bijaklah dalam berkomentar di tengah badai informasi media sosial. Rio Hijau Daun sebagai Professional Drummer menambahkan, banyak hal positif yang dapat kita lakukan di media sosial. Kita bisa mengunggah konten yang bermanfaat dan berguna untuk orang yang melihatnya. Selain itu, kita juga harus berhati-hati dalam berkomentar di akun media sosial orang lain. Terutama berkomentar negatif di akun media sosial orang lain. Dikhawatirkan dapat terjadinya perpecahan dan ujaran kebencian di dalam media sosial.

Tinggalkan Balasan