LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 29 November 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang KIAT KIAT MELAWAN HOAKS oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Arti hoax adalah kabar, informasi, berita palsu atau bohong. Bentuk dan saluran hoaks diantaranya, sosial media, aplikasi chatting, situs web, televisi, media cetak, email, dan radio. Ciri dari berita hoaks antara lain, sumber tidak jelas dan tidak ada yang bisa dimintai tanggung jawab atau klarifikasi, pesan sepihak, menyerang, dan tidak netral atau berat sebelah. Judul, pengantarnya provokatif, dan tidak cocok dengan isinya. Berita ini biasanya ditulis oleh media abal-abal, di mana alamat media dan penanggung jawab tidak jelas. Dampak berita hoaks, yaitu merugikan satu pihak, tidak lagi percaya fakta, menyebarkan fitnah, menyebarkan informasi yang salah, menimbulkan perpecahan, dan merugikan masyrakat, menurut Fahmi Syahbandi Lubis, S.Pd sebagai Guru PJOK SMPN 3 Lubuk Pakam Kab. Deli Serdang. Sutrisno, SH., Gr sebagai Guru SMA Tunas Harapan menuturkan, hal yang pantang dilakukan saat menggunakan media sosial antara lain, data pribadi, permasalahan pribadi, aib orang lain, informasi yang belum jelas kebenarannya, komentar kasar, dan hal yang tidak pantas. Tips menggunakan sosial media, yaitu dengan menyesuaikan kebutuhan, batasi penggunaan media sosial, dan alokasikan waktu luang.
Junaidi, M.Pd sebagai Plt Kepala SMPN 1 Padang memaparkan, dampak negatif dari internet antara lain, perjudian, pornografi, bullying, pencemaran nama baik, penipuan, dan hoaks. Penggunaan internet secara bijak dan sesuai dengan etika atau norma yang berlaku untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Key Opinion Leader oleh Rio Hijau Daun sebagai Professional Drummer menambahkan, dampak penyebaran berita hoaks yang sedang marak terjadi menyebabkan keresahan di masyarakat, hal ini dapat disikapi oleh para pengguna media social agar menjadi lebih cerdas dan harus bisa lebih selektif serta berhati hati akan segala berita ataupun informasi yang tersebar.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang