PENDIDIKAN

BBPSDMP Kominfo Siap Latih Mahasiswa Ikom UIN Sumut

 

FOTO: Ketua Prodi Ikom FIS UIN Sumut, Dr. Muhammad Alfikri, Msi (kanan) berbincang bersama Kepala BBPSDMP Kominfo, Irbar Samekto.

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kementerian Komunikasi Informatika RI Kota Medan dan Prodi Ilmu Komunikasi FIS UIN Sumut berencana menggelar pelatihan Desain Grafis, Literasi Digital, Jurnalistik bagi para mahasiswa. Sementara itu untuk dosen Ikom akan digelar pelatihan Training of Trainer (ToT) dalam waktu dekat ini.

Hal itu terungkap ketika Ketua Prodi Ikom FIS UINSU, Dr. Muhammad Alfikri, MSi bersilaturrahim lebaran ke Kepala Kantor BBPSDMP Kominfo RI Kota Medan, Drs. Irbar Samekto, MM Selasa (10/5).
Tujuan pelatihan tersebut, dalam upaya meningkatkan tribina; bina kualitas, bina produktifitas, dan bina fasilitas bagi mahasiswa dan dosen Prodi Ikom, kata Ketua Prodi Ikom Dr. Muhammad Alfikri, MSi putra Prof.Dr. H A. Ya’kub Matondang, MA.

Di Kantor BBPSDMP Kominfo Medan, kata Samekto, sudah memiliki laboratorium Design Grafis, sehingga memudahkan bagi para mahasiswa untuk dilatih memiliki keahlian dalam mendisain berbagai produk secara digital. Para lulusan harus memiliki kompetensi keahlian desain grafis sehingga memudahkan dalam memenuhi kebutuhan pangsa pasar kerja secara digital, ucap Muhammad Alfikri.
Begitu juga dengan pelatihan Jurnalistik tentu sangat mendukung bagi para mahasiswa untuk bisa mahir dalam mencari, mengolah, dan menyiarkan berita. Lapangan kerja jurnalis juga tidak kalah penting bagi lulusan Ikom UIN Sumut untuk digeluti.

ToT juga sangat penting bagi para dosen sehingga memiliki keahlian khusus dalam bidang komunikasi dan informatika, kata Alfikri. (TP)