Sumber Air Ditutup, Warga Terancam Bangkrut

Lokasi Sumber Mata Air Umbulan di Desa Winongan

BintangEmpat.com, Pasuruan – Adanya Proyek SPAM Umbulan membuat Sumber mata air Umbulan yang selama ini di pergunakan warga sekitar sebagai tempat pemandian di desa Umbulan, Kec. Winongan, Kab. Pasuruan terancam di tutup lokasi sumber mata airnya pada sekitar bulan April nanti, ujar Warto salah satu pemilik warung yang berada di dalam kawasan sumber mata air Umbulan.

“Mungkin sekitar pertengahan Tahun ini, lokasi pemandian ini akan di pagar, mas. Jadi para wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah kalau mau berenang di arahkan ke pemandian baru yang terletak di Utara Sumber air Umbulan ini”, ujar Hari salah satu warga desa sambil menunjukkan lokasi kolam baru yang sudah dalam tahap pembangunan.
Jadi dilema, ketika kolam renang di Utara Sumber mata air Umbulan ini di jadikan tempat wisata baik wisatawan lokal maupun luar daerah, penduduk sekitar yang selama ini mandi dan mencuci pakaian di lokasi sumber mata air akan kebingungan mencari lokasi yang tepat. Ditambah lagi adanya penduduk yang sebagian menggantungkan nasibnya dari warung-warung kecil di sekitaran sumber mata air umbulan, akan mencari tempat baru untuk berjualan di pemandian yang sudah dalam tahap pembangunan.

Wartawan media online BintangEmpat.com yang kebetulan berkunjung ke lokasi sumber mata air Umbulan pada hari Sabtu (26/01) sekitar pukul 11.00 wib menyayangkan akan nasib warga yang hidupnya bergantung di warung-warung kecil sekitaran lokasi sumber.
Menanggapi pertanyaan, kemudian rencananya mau buka warung dimana kalau lokasi sumber mata air ditutup pagar, Warto pun mengatakan bahwa dia belum bisa berpikir jauh tentang nasibnya di kemudian hari. “Mudah-mudahan ada solusi dari pihak pemerintah untuk memberikan tempat baru bagi warga sekitar yang sudah lama menggantungkan nasibnya dari berjualan di sekitar lokasi pemandian Umbulan”‘ ujar Warto menutup perbincangan. (Tara)

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas