BERITA TERBARUHUKUMPERISTIWA

Diduga Korupsi ADD Kades Sitopayan Didemo

Diduga Terkait Korupsi ADD Kades Sitopayan Didemo Naposo Nauli Bulung.

BintangEmpat.Com, Sumatera Utara – Puluhan pemuda yang mengatas namakan Naposo Nauli Bulung (NNB) Desa Sitopayan, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) berunjuk rasa di simpang jalan menuju Desa Sitopayan, Senin 13-07-2020.

Dalam aksi ujuk rasa tersebut, Naposo Nauli Bulung Desa Sitopayan menuntut agar Kepala Desa Sitopayan transparan dalam mengelola Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) serta tidak melakukan tindakan nepotisme dalam pengangkatan perangkat desa dan penunjukan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Ketua Naposo Nauli Bulung, Agus Irawan Siregar, yang juga koordinator aksi dalam orasinya meminta kepada Kepala Desa Sitopayan agar menjelaskan dengan rinci anggaran LKMD, PKK, LPMD, Lembaga Adat dan Naposo Nauli Bulung Desa Siyopayan tahun anggaran 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020.

Kepala pemerintahan Desa Sitopayan agar menerangkan dengan seterang-terangnya tentang mekanisme pengangkatan dan penetapan perangkat Desa Sitopayan yang tidak pernah melakukan musyawarah dan penjaringan secara terbuka sesuai dengan Permendagri Nomor 67 tahun 2017.

“Di mana Kepala Desa Sitopayan diduga telah melakukan nepotisme dengan mengangkat orang-orang tertentu tanpa melalui mekanisme yang benar. Bahkan yang lebih parah lagi 60 persen masyarakat Desa Sitopayan tidak tahu siapa perangkat desanya”, ucap Agus Irawan Siregar.

Agus menambahkan, sejak tahun 2016 di Desa Sitopayan tidak pernah melakukan musyawarah desa yang melibatkan seluruh pihak masyarakat melainkan orang-orang tertentulah yang diundang dalam rangka pembahasan Rencana Skala Prioritas Desa (RSPD), Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPD) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBD). *Harahap Kuro Kuro.