BERITA TERBARUHUKUM

Bertandang Kerumah Korban, Polres Lumajang Bakal Serius Tangani Kejahatan Jalanan

Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Hari Siswanto saat bertandang ke rumah korban jambret

BintangEmpat.com-Terekam CCTV dari rumah warga, aksi penjambretan kalung terjadi disiang bolong, berawal saat Supiyah warga Desa Labruk Lor Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berjalan dengan menuntun sepeda angin sepulang dari berjualan diwarung yang tak jauh dari rumahnya, tiba-tiba didekat pengendara sepeda motor dan dengan cepat menjabret kalung yang dikenakan korban, sontak Supiyah berteriak minta tolong.

Awalnya Sopiah tidak mengira kalau dirinya jadi korban jambret, dikira putra sulungnya yang hendak menjemputnya, namun setelah dekat pelaku jambret menarik kalung yang sedang dikenakannya.

“Awalnya saya kira itu anak saya, karena saat berkendara mendekat disebelah kiri saya, gak tahunya kalung saya dijambret”,ujar Supiyah, Rabu (27/4/2022).

Sontak korban langsung berteriak meminta tolong, namun karena kondisi jalan desa tepatnya ditempat kejadian perkara tampak sepi, sehingga teriakannya terabaikan begitu saja, setelah ketemu putranya, Sopiyah diajak melapor ke balai desa Labruk Lor.

“Saat itu kondisi jalan sepi, jadi saat saya minta tolong tidak ada yang merespon, lalu sama anak saya diajak laporan ke balai desa”,Tandasnya.

Aksi kejahatan jalanan yang terekam CCTV ini, sepertinya menggugah hati Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hari Siswanto, sehingga dirinya bersama beberapa anggota polisi dan didampingi Kepala Desa Labruk Lor, bertandang kerumah korban.

Gubernur Khofifah Tahun Ini Sediakan Mudik Gratis

“Ya kami miris saja melihatnya, ibu yang berjualan warung yang tak seberapa pendapatannya ini harus menjadi korban jambret”,Paparnya.

Ia menyarankan terhadap korban untuk melaporkan kejadiannya kepada pihak yang berwajib, dan meminta kepada Kades Labruk Lor agar mendampingi pelaporan korban.

“Kami menyarankan agar korban melaporkan ke pihak kepolisian, baik ke Polsek ataupun ke Polres Lumajang, agar kami bisa bertindak dan sesegera mungkin mengungkap kasus tersebut”,Tandasnya.

Selain itu Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Hari Siswanto, mengatakan sudah mengantongi identitas pelaku, dan diharapkan pula, bagi pelaku untuk menyerahkan diri, sebelum tim resmob yang dipimpinnya menyergap dipersembunyiannya.

“Setelah korban melaporkankan, kami akan bertindak, dan saya dengan tegas mewarning terhadap pelaku agar segera menyerahkan dirinya, sebelum kami yang menyergapnya”,Ancamnya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Mojokerto ini berpesan kepada masyarakat, agar tetap waspada saat keluar rumah, hindari menggunakan perhiasan atau barang berharga yang lain untuk tidak menarik aksi kejahatan dijalan.

“Untuk masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati saat bepergian dari rumah, jangan mengenakan barang berharga yang menjadikan daya tarik bagi pelaku kejahatan, dan jika menjadi korban kejahan agar segera melaporkan ke Pihak Kepolisian”,Pungkasnya.(bas).