Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Berikan Pelatihan SMK

Pemberian Materi PPBN oleh Pelda Yasir Sujoko Batuud

BintangEmpat.com, Surakarta. – Dalam menyikapi perkembangan bangsa dewasa ini kita tidak boleh kalah dengan waktu maka dituntut untuk selalu dekat dengan rakyatnya dengan memberikan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) dan Wawasan Kebangsaan ( wasbang) di berbagai tingkat Pendidikan maupun masyarakat karena sudah mulai luntur dan dikesampingkan nilai nilai bela negara. Maka dari itu pada hari Selasa tanggal 12 Pebruari 2019. Babinsa Kelurahan Jebres Koramil 04/Jbs Kodim 0735/Surakarta Sertu Suwardi memantau kegiatan pemberian materi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara PPBN dan Pembekalan oleh Pelda Yasir Sujoko Batuud Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta di SMK Warga Surakarta dikuti siswa kelas khusus Buma School sekitar 60 siswa.

Salah satu dari beberapa program Koramil 04/Jebres Dim 0735/Ska adalah dengan mengajar/memberikan materi tentang PPBN ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah binaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada siswa sejak dini karena kedepan mereka inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa maka dari itu belaneg dan Wasbang harus di berikan dan ditanamkan.

Kemudian untuk memperdalam makna tentang Bela Negara dan wasbang sebagai mana kita ketahui bersama bahwa di sekolah-sekolah sekarang sudah mengesampingkan materi-materi mengenai Belaneg maupun Wasbang. Ini adalah pembelajaran wajib bagi warga negara seperti yang dilakukan para Siswa khusus Buma school SMK Warga Surakarta yang nantinya akan bekerja di luar Jawa seperti Batam kalimantan, Sulawesi mereka tampak semangat dan antusias dalam menerima materi tersebut, banyak yang bertanya kepada narasumber tentang Belaneg dan wasbang tersebut.

Narasumber menjelaskan tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika serta tiga unsur pokok Belaneg maupun Wasbang yaitu Rasa kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan. Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang.

Belaneg maupun Wasbang adalah cara kita sebagai anak bangsa di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan Nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945.

Pancasila digunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan penyelenggaraan dalam bernegara. Di sampaikan juga kepada siswa bahwa apabila Pancasila sudah diamalkan dalam kehidupan dalam bermasyarakat di jamin negara yang kita cintai ini akan aman tentram dan sejahtera.

Guru SMK Warga Surakarta Wahyudi S.Pd mewakili Kepsek mengucapkan terima kasih kepada Koramil 04/ Jebres yang sudah meluangkan waktunya untuk memberikan materi Belaneg maupun wasbang di sekolahnya, mudah-mudahan dengan pembekalan ini para siswa lkelas khusus Buma school lebih bisa mendalami empat pilar, serta lebih mendalami kecintaannya terhadap TNI, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita Banggakan bersama.

Semoga TNI selalu jaya dan di cintai oleh rakyatnya setiap melaksanakan tugas serta TNI merupakan benteng terakhir pertahanan NKRI.  Hidup TNI, Bersama rakyat TNI Kuat
(Pns Agus Kemplu Pendim 0735 Surakarta)

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas