LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 29 Oktober 2021, Jam 14.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar BAHAYA KEJAHATAN DI RUANG DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Era digital adalah suatu kondisi aktivitas masyarakat dalam kehidupan yang telah dipermudahkan dengan adanya teknologi. Tips menjaga keamanan privasi secara digital diantaranya adalah periksa pengaturan privasi jejaring sosial, jangan menggunakan penyimpanan umum untuk informasi pribadi, hindari pelacakan, simpan alamat email utama dan nomor ponsel kita tetap pribadi, menggunakan aplikasi pesan dengan Enkripsi End-to-end, gunakan kata sandi yang aman, tinjau izin untuk aplikasi seluler, amankan ponsel dan komputer kita dengan kata sandi, nonaktifkan pemberitahuan layar kunci (lockscreen notification), tetap menjaga privasi di jaringan Wifi, menurut Tiwi Dewanti K., S.Pd Ketua Program Study SMK BPP Bandung & Asesor BNSP.
Tetti Herawati Tambunan, S.Pd Kepala SMPN 2 Satap Pangkatan menjelaskan etika dalam bermedia sosial, tidak membagikan berita bohong yang dapat merugikan orang lain, dan mengurangi akses internet yang kurang bermanfaat serta tidak membagikan pasword, PIN, dan kode rahasia milik kita kepada siapapun. Cara bijak menggunakan media sosial, jangan asal posting konten, jaga etika dan selalu waspada, jangan mudah percaya, filter akun-akun yang diikuti. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Bemby Noor sebagai Influencer dan Producer yang memberikan sharing session, bahaya kejahatan di ruang digital kita harus menghargai konten orang lain, memberikan komentar yang baik, dan tidak boleh melakukan plagiat terhadap sebuah karya.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang