BERITA TERBARU

LITERASI DIGITAL KABUPATEN PEMATANG SIANTAR – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN PEMATANG SIANTAR – PROVINSI SUMATERA UTARA

Rabu, 01 Desember 2021, Jam 13.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi, menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar BIJAK SEBELUM MENGGUGAH DI MEDIA SOSIAL, yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Sunggul Pasaribu,Sth.,M.PAK menjelaskan tentang bijak dalam berdakwah dimana ada dakwah yang disampaikan secara lemah lembut dan ada juga dakwah yang disampaikan dengan intonasi tinggi. Khusus dakwah dengan intonasi tinggi, banyak disalah artikan oleh sebagian orang dan menuai pro kontra. Saat ini dakwah ditunjang oleh perkembangan teknologi dimana dengan mudah dapat di akses oleh masyarakat yang membutuhkan. Ada norma dan batasan dalam berdakwah di media digital maka kita harus hati hati dan bijak dalam menyikapi setiap dakwah yang ada di dunia maya. Dr. Nurhasanah, M.Si mengajak kita untuk mengajarkan anak agar aman berinternet. Peran orang tua adalah sebagai pengasuh, pembimbing dan pendidik ditengah pesatnya perkembangan era digital. Jadilah orang tua yang menggunakan gaya komunikasi yang asertif bukan agresif dan ajak anak untuk tidak memposting informasi pribadi, berhati hati dalam membuka situs dan email, membatasi penggunaan internet dan waspada terhadap orang yang tidak dikenal.
Mari kita menjadi masyarakat digital yang cerdas, yang positif, kreatif dan aman berinternet. Hal ini dipaparkan oleh DR.Alfan Miko, M.Si dimana kita harus memanfaatkan internet secara positif dengan tidak menyebarkan hoax, melakukan penipuan tetapi mari kita harus bisa berkreasi dan berinovasi sesuai dengan kemampuan yang ada dan tetap menjaga keamanan dalam berinteraksi di dunia maya terutama menjaga data pribadi sebagai aset yang sangat berharga. Ditambahkan oleh Darma Indra Gultom, Ssi yaitu salah satu hal yang dapat berkreasi dan berinovasi adalah dengan berjualan di online. Sebelumnya kita harus paham dahulu tentang perbedaan e market, online shop dan e commerce. Kita harus jeli dan kreatif dalam berinovasi untuk branding, promosi dan melihat para pesaing. Bikin produk yang berbeda, nama brand yang unik serta membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan target yang dituju. Webinar diakhiri oleh Adhit Elemen sebagai Key Opinion Leader yang mengajak kita untuk menghindari hoax, jangan posting konten yang negatif dan bijak berkomentar karena akan ada jejak rekam digital yang sulit dihilangkan.

Tinggalkan Balasan