R-TIK Ajak Cerdas Desa

BintangEmpat.com, Pasuruan- Kamis, (13/12/2018) Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pasuruan, kembali menggelar pelatihan komputer bagi perangkat desa untuk pertemuan yang kelima . Kegiatan diikuti 12 peserta terdiri dari tiga Kaur, tiga Kasi dan enam Kasun, bertujuan membekali aparat desa dalam penguasaan teknologi informasi (IT) sehingga dapat memberikan layanan secara cepat dan efisien pada masyarakat khususnya penguasaan Microsoft Excel 2007.

Ketua Relawan TIK Pasuruan, Bahruddin menuturkan, pelatihan tahap lima ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan sebelumnya yang membahas cara cepat menguasai Microsoft Word. Kegiatan berlangsung selama 2 jam tiap kali pertemuan di Balai Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Fasilitas pelatihan menggunakan komputer yang dimiliki oleh desa. Adapun materi pelatihan meliputi program MS Excel 2007 dan diberikan secara intensif dengan metode belajar kemudian praktek langsung.

Kepala Desa Dayurejo Bapak Wahono berharap, lewat pelatihan ini penguasaan bidang IT berupa keterampilan menggunakan aplikasi komputer bagi aparat desa benar-benar bisa dikuasai, mengingat saat ini semua kegiatan pelayanan sudah menggunakan komputer. ”Aparat desa jangan sampai ketinggalan dalam penguasaan teknologi informasi, namun justru harus tampil paling depan,” tegasnya.

Beliau juga menuturkan, pelayanan prima adalah target yang ingin dicapai pemerintah desa. Karena itu, seluruh aparat desa harus memiliki kemampuan mengelola segala masalah desa dengan cerdas, efektif, dan efisien melalui penguasaan teknologi informasi.

Menurut dia, rata-rata aparat Desa Dayurejo relatif sudah diatas kepala empat tapi tetap harus semangat untuk terus belajar demi meningkatkan keahlian di bidang IT. Agar profesional dalam memberikan layanan kepada masyarakat, mereka harus dibekali keahlian komputer. ”Keterampilan menggunakan teknologi informasi inilah yang akan kami terapkan dalam sistem layanan penyelenggaraan pemerintah desa ke depan,” tambahnya. (Saiful.A)

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *