Orang Tua Harus Pintar di Era Digital

Bintangempat.com, Pasuruan. Pada era digital saat ini, hampir dari seluruh urusan tak terlepas dari peran teknologi dan informasi. Tak terkecuali, soal pola pengasuhan untuk anak-anak yang mayoritas lahir di era milenial.
Adalah digital parenting yang bisa orang tua terapkan, sebab derasnya informasi dan paparan penggunaan gadget yang tidak bisa dibendung, sehingga tidak memungkinkan lagi bila mesti melarang si kecil menggunakan perangkat digital. Menyikapi hal ini dewan guru sekolah MI Sabilul muttaqin Dusun Kemiri Desa Pakukerto Kecamatan Sukorejo bersama Relawan TIK Pasuruan mengadakan Seminar Digital Parenting dengan harapan orang tua bisa mengetahui pentingnya kesadaran orang tua untuk melek gadget di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini. Hal tersebut dibutuhkan agar orang tua tidak ketinggalan perkembangan zaman dan bijak dalam menyikapi tumbuh kembang anaknya di era digital ini.
Pada moment yang bersamaan dengan pembagian Raport semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 Ketua RTIK Pasuruan Bapak Bahruddin, S.Sos memberikan pengarahan dalam pengasuhan anak yang tepat di depan 95 orang wali murid , Sabtu (5/1/2019).
“orang tua murid untuk tidak harus melarang mereka menggunakan gadgetnya, tetapi orang tua harus lebih pintar dalam penggunaan gadget serta komunikasi antara orang tua dan anak harus tetap terjalin . ujar Pak Bahruddin

“Kita lihat sekarang anak -anak susah lepas dari gadget, apa-apa serba teknologi. Jadi kami mau edukasi orangtuanya agar mengetahui batasan screen time (waktu bermain gadget) yang baik untuk anak. Serta, bagaimana pengaruh digital terhadap anak,” ujar Pak Usman Ali Kepala sekolah MI Sabilul Muttaqin .
“Pola asuh anak zaman kita dulu dan sekarang itu jauh berbeda. Sekarang kita maunya instan, sedangkan zaman kita dulu mau ngapain pun perlu kerja keras. Sekarang anak rewel kita maunya instan. Tinggal kasih gadget, selesai. Padahal sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan. Di seminar ini, kita diajar bagaimana sih mengedukasi anak tapi tidak dengan cara yang instan, itu yang banyak ibu-ibu zaman sekarang tidak tahu,” katanya. Saiful

(Red)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang