BERITA TERBARUHUKUM

Arisan Online Index Dipolisikan

BintangEmpat.Com, Jawa Timur – Berawal dari media online sejumlah ibu muda atau yang dikenal macan ( mama cantik ) melakukan kegiatan arisan, yang dikenal dengan arisan Index. Essensinya sama seperti arisan pada umumnya, hanya saja yang berhak mendapatkan arisan terlebih dahulu adalah hak dari pengelola yang mengatur arisan online ini.

Namun masalah muncul saat beberapa anggota arisan tersebut tidak mendapatkan hak nya, Mereka berkumpul dan mengadukan ke layanan SPKT Polres Lumajang, terkait masalah arisan online ini, dimana pihak pengelola dianggap lalai atau dianggap melakukan one prestasi.

 

Kasat Reskrim Polres Lumajang,AKP Maskur SH

Menurut Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Maskur SH, saat di temui di ruang kerjanya mebeberkan bahwa akan mengusut kasus tersebut.

“Hendaknya tetap kita berfilosofi bahwa arisan itu hadir karena jalin hubungan silaturahmi bertemu kontak fisik dan nilainya uangnya sekedarnya, namun sekarang bergeser menjadi ajang bisnis, lewat arisan online, ini kita sedang melakukan upaya pemeriksaan apakah ada unsur pidananya, jika ada pihak kepolisian akan menindaknya sesuai KUHP ” ujarnya.rabu (13/05/2020)

Masih menurut kasat Reskrim AKP Maskur SH, hendaknya lebih peka dan bijaksana dalam menanggapi hadirnya fenomena arisan online dan berpesan kepada ibu ibu agar tidak mudah termakan bujuk rayu dan janji manis, pihak pengelola.

Baca juga: Natalius Pigai Kritik Presiden Soal Kenaikan BPJS Ditengah Pandemik Virus Corona

“Sudahlah namanya juga dunia Maya, kita harus realistis, pelajari dulu bentuk arisannya, jangan asal asal ikut karena trend lifestyle, tetap unsur kejahatan akan mengikuti apapun bentuknya”, tambahnya.

Menurut korban dari ibu – ibu muda yang hadir di Polres Lumajang menjelaskan hanya janji manis saja.

“Bahwa uang yang dijanjikan oleh pihak pengelola arisan tak kunjung datang, walau sudah melewati jatuh tempo”, ujar ibu yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurut data sementara bahwa pihak pengelola arisan ber-KTP Desa Karanganom Kecamatan Senduro, kabupaten Lumajang.

Nilai arisan yang biasa dikenal arisan index ini bervariasi dari nilai perolehan 10 juta sampai 50 juta. (Wan).