BERITA TERBARUHUKUM

‘Pungli’ PTSL Desa Condro Pasirian, Sudah Kesepakatan

Lumajang, BintangEmpat.Com- Program percepatan nasional, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023 di desa Condro Kecamatan Pasirian, sepertinya sudah hal biasa jika pembyrannya perbidang dikenakan tarif Rp 500 ribu, hal itu disampaikan Kepala Desa (Kades) Condro Supirno saat ditemui dikantor balai desanya, Senin (22/5/3/2023).

Supirno menambahkan pembiayaan PTSL perbidang Rp 500 ribu sudah biasa, dan katanya pula itu sudah menjadi kesepakatan antar pemohon dan pihak pemerintah desa (Pokmas PTSL).

“Itu sudah biasa, dan sudah kesepakatan bersama”,Ujar Supirno.

Dirinya menambahkan kesepakatan pembayaran PTSL perbidang Rp 500 ribu waktu dirapatkan, pihaknya juga mengundang Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Condro.

“Waktu kesepakatan biaya PTSL kami juga libatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas”, Kilahnya.

Baca juga : Dugaan Pungli PTSL 2023 Dilumajang, Diluar Dari Kepatutan Aturan

Ditanya soal ketua Pokmas PTSL desa Condro, Supirno mengatakan bahwa ketuanya sedang mengajar (Guru) di Salah Satu sekolah di Kecamatan Senduro.

“Suhartono dia mengajar di Senduro, nomor Hp nya saya tidak punya,” Jawab Sukirno.

Sebelumnya Tatang Haryadi Koordinator PTSL ATR/BPN Lumajang, untuk wilayah kecamatan Sumber Suko, Pasirian, mengatakan kebutuhan tambahan PTSL dari yang dianggarkan APBD hanya Rp 150 ribu.

“Rp150 ribu maksimal biaya tambahan yang dibutuhkan untuk mencukupi kekurangan anggaran dari Negara”, pungkasnya.

 

*bas).