BERITA TERBARUINFO

Tak Patut Dicontoh, Program Pokmas di Desa Apa’an Diduga Jadi Bancakan Oknum

BintangEmpat.com, Sampang – Akhir – akhir ini banyak dugaan Program Pokmas (Kelompok Masyarakat) yang begitu minimnya dalam pengawasan, baik Proyek fisik pembangunan plengsengan yang informasi nya diduga dikerjakan Asal – asalan seperti di Dusun Senasen, Desa Apa’an, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang Madura, Jawa Timur. Jum’at (10/11/2023).

Baca Juga: Rumah Dinas Bupati Lamongan Digeledah KPK

Hal tersebut diungkapnya oleh beberapa sumber informasi terpercaya kepada awak media, bahwa menurut sumber, para penikmat Dana Hibah pun sesuka hati dalam melaksanakan program Dana hibah tahun anggaran 2023 yang diduga hanya dibuat sebagai bancakan saja.

Kabarnya, kebanyakan semua proyek dana hibah tidak ada pendampingan dalam program tersebut.hal itu membuat para penerima bertindak sesuka hati dan rentan adanya penyimpangan.

Baca Juga: Kasus Muji Korban Salah Tangkap Dilaporkan Ke Komnas HAM

Terlihat di lokasi pekerjaan tersebut bahan material yang digunakan diduga tidak sesuai speks dan RAB. bahkan penataan batu tidak beraturan serta kedalaman galian pondasi hanyalah sebatas kerukan.

Menyisakan kekecewaan yang luar biasa seperti yang disampaikan oleh Anggota Investigasi Formabes (Forum Madura Bersatu) inisial (F) Hal itu lantaran proyek tersebut hasil pekerjaannya sangat amburadul dan hasilnya mengecewakan karena tidak mengikuti spesfikasi RAB.

Baca Juga: Rancunya Surat Kuasa Pengurusan Tanah Di Malang, Berikut Uraian Nya! 

“Dari Pantauan saya Formabes di lokasi (10/11/2023 Jum’at) siang, bahwa bangunan plengsengan dengan pasangan batu belah dengan kisaran tinggi 80 Cm terlihat dikerjakan asal jadi, dan banyak pasangan batu kosong,tidak rata dan bergelombang ditambah lagi dengan pekerjaan yang terkesan acak – acakan,” ungkapnya.

Terpisah saat dikonfirmasi, Kades Apa’an Hj. Buadah mengatakan bahwa “Pekerjaan bangunan plengsengan yang ada di Dusun Senasen, saya tidak tahu, karena pihak korlap pokmas Tidak ada konfirmasi dan pemberitahuan bahwa ada pekerjaan di Dusun Senasen,”ucapnya.

Baca Juga: Lagi Ada Carok Terjadi Di Jalan Raya Dumajeh Bangkalan 

Dan (F) menyatakan ada seorang ibu tua mengatakan kepadanya ”Mun Terro Alakoah Nga’Tang Anak (R) Matorok, Abhendheh, Bhen Jek Ajegheh Lakonah Oreng ”Kalau pingin kerja seperti anak saya (R) menitip, bermodal, dan jangan mengganggu kerjaannya orang,” jelasnya.

Perlu juga diketahui pekerjaan tersebut tidak ada papan informasi yang sebagai kontrol untuk bisa diketahui Asal – muasal dana yang dikucurkan untuk pembangunan plengsengan tersebut.

*Bersambung…