BERITA TERBARUEKONOMI

Jokowi, Dana Desa Naikan Income

 

Baca Jokowi : Laporkan Pungli

JOKOWI : Kenaikan Income Perkapita Di Desa Itu, Gara-Gara Dana Desa

Bintangempat.com, Surabaya – Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo(Jokowi) di Jawa Timur, Presiden menghadiri acara sosialisasi prioritas penggunaan dana desa (DD) tahun 2019 di Gedung DBL, Jl A Yani Surabaya, Jawa Timur. Sabtu (02/02/2019).

Baca JCW Sorot Pungli Di Samsat

Tampak hadir dalam juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan ratusan pendamping dana desa di wilayah Jawa Timur.

 

Gubernur Jatim, Soekarwo dalam sambutannya menjabarkan beragam pencapaian dari dana desa di Jawa Timur. Dimana sepanjang 2015-2018, Jawa Timur mendapat alokasi dana desa mencapai Rp 19 triliun.

 

“Kami di Jawa Timur mengucapkan syukur kepada Allah yang telah memberikan Hidayat ke presiden dan para menteri yang telah membangun desa. Sejak 2015-2018, Jatim mendapat alokasi dana desa Rp 19 triliun yang telah dirasakan manfaatnya oleh 7724 desa di Jatim, 29 Kab dan satu Kota Batu,” ujar Soekarwo.

 

Lebih lanjut, Soekarwo juga melaporkan dari Rp 19 triliun dana desaa tersebut, sebanyak 99 persen terealisasi untuk pembangunan sarana prasarana, pemberdayaan masyarakat, pembinaan dan lainnya.

Baca Pungli Di Samsat Jatim

Usai Gubernur Jatim menjabarkan capaian dana desa di Jawa Timur, kini presiden Jokowi dalam sambutannya, menegaskan, bahwa ini adalah sebuah loncatan yang sangat besar sekali. Bank Dunia mengakui keberhasilan Dana Desa ini yang kita telah melaksanakan selama 4 tahun ini.

 

“Kenaikan income perkapita di desa itu, gara-gara Dana Desa, infrastruktur-infrastruktur di desa juga kelihatan meloncatnya karena Dana Desa ini,” ujarnya.

 

Menurut Presiden, sejak 2015 di seluruh tanah air telah tergelontorkan Dana Desa yang tidak sedikit. Kalau di Jawa Timur Rp 19 triliun, di seluruh tanah air pada 2015 digelontorkan Dana Desa Rp 20,7 triliun, lalu 2016 sebanyak Rp 46,9 triliun (Rp 47 triliun), 2017 naik jadi Rp 60 triliun, 2018 tetap Rp 60 triliun, dan pada 2019 ini jadi Rp 70 triliun.

 

“Artinya, sampai akhir tahun ini Rp 257 triliun uang yang kita gelontorkan ke desa-desa di seluruh tanah air. Sampai akhir 2018 berarti Rp 187 triliun. Kalau sampai akhir 2019 sebesar Rp 257 triliun,” jelas Presiden.

 

Sesuai teori, semakin uang beredar di desa-desa ini semakin banyak, kesejahteraan masyarakat itu juga akan meningkat. “Itu teori ekonomi yang tidak bisa diutak-atik lagi,” kata Presiden

 

Oleh sebab itu, Jokowi menegaskan, nanti di 2020 Dana Desa harus ditambah lagi, 2021 ditambah lagi, 2022 ditambah lagi, dan seterusnya ditambah terus.

 

“Karena ini adalah pondasi, syarat bagi kemajuan bangsa ini, basicnya adalah di desa,” pungkas Presiden RI. (Siwa)

7 komentar pada “Jokowi, Dana Desa Naikan Income

  • Dewi sri mulyati

    Alhamdulillah..smg desa2 di seluruh indonesia semakin makmur

  • Dewi sri mulyati

    Innalillahi we inna ilaihi rojiun

Komentar ditutup.