Copot Sekjen Kemenag RI

 

 

LAKSI: Menuntut Mentri Agama Mencopot Nurcholis Setiawan ( Sekjen Kemenag RI

Redaksi, Jakarta – Ratusan massa berunjuk rasa didepan kantor Kementerian Agama RI (Kemenag RI) di Jalan lapangan Banteng Jakarta dan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BACA JUGA: KPK Segera Tangkap Sekjen Kemenag

Heboh Markus Jabat Kepala Kemenag Gresik, Pendeta Hendry Ucap Selamat

Jual Beli Jabatan Kemenag RI Didemo

Unjuk rasa ini merupakan aksi yang ketiga kalinya terhadap kasus Sekjen Kemenag dan terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan orang nomor dua di Kemenag yaitu Nurcholis Setiawan yang menjabat sebagai Sekjen kemenag, Jumat, (02/08/2019).

Berdasarkan pantauan di lapangan, massa sudah berkumpul sejak pukul 13.30 WIB. Belasan petugas kepolisian bersiaga disekitar kantor Kemenag di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta pusat.

Massa yang sudah berkumpul di kawasan kantor Kemenag kemudian melakukan orasi dan meminta agar Mentri Agama Mencopot Nurcholis Setiawan sebagai sekjen Kemenag yang dinilai telah melakukan banyak penyimpangan dan penyuapan terhadap Romi untuk mendapatkan jabatan Irjen dan Sekjen sekaligus di bawah kementrian agama.

BACA JUGA: KPK Wajib Usut Tuntas Jual-Beli Jabatan Kemenag RI

Jabatan Kepala Dinas PUPR Lumajang Terindikasi ‘Titipan’

Amin Rais Dan Habib Rizik Resmi Jadi Anggota Banser

Dalam orasinya mereka mengecam “Tindakan Sekjen Kemenag yang tidak sesuai aturan perundang-undangan dalam menetapkan pejabat fungsional baik di daerah maupun di pusat, sekjen telah mematok harga untuk menjadikan seseorang menjadi pejabat di kemenag,” tutur para demonstran.

Pada siang tadi, sempat terjadi aksi mendorong pagar besi oleh pengunjuk rasa yang menimbulkan sedikit ketegangan antara Polisi yang berjaga dengan para pengunjuk rasa.

Dalam orasinya, dengan pengeras suara seorang orator menyampaikan permintaan agar KPK menetapkan status tersangka kepada Nurcholis Setiawan selain itu mereka mendesak Mentri Agama mengganti sekjen Kemenag dikarenakan telah banyak melakukan perbuatan yang merugikan keuangan negara, salah satunya melakukan pemotongan dana bantuan di Pendis kepada para penerima bantuan dana, yang semestinya tidak di lakukan.

Sementara itu, di halaman kantor KPK di Jalan Rasuna said jakarta, petugas kepolisian juga tampak bersiaga untuk menjaga keamanan dan kondusifitas aksi yang dilakukan oleh Ratusan pemuda dan mahasiswa dari Laksi.

Menurut kordinator aksi mereka hanya ingin menyampaikan tuntutan bahwa, “KPK harus segera menuntaskan kasus jual beli jabatan yang juga melibatkan Nurcholis Setiawan, kita berharap KPK segera menetapkan sekjen Kemenag sebagai tersangka dalam kasus jual beli jabatan tersebut, Bagi kami, sekjen Kemenag adalah otak dibalik jual beli jabatan yang selama ini bermain antara Romi dan sekjen kemenag dan kami dukung terus KPK dalam menyelesaikan kasus jual beli jabatan di kemenag sampai tuntas,” katanya.

Setelah membacakan tuntutannya maka ratusan massa tersebut secara beraturan membubarkan diri, dan mereka berjanji akan datang lagi untuk mengingatkan KPK agar jangan hanya Romi yang di hukum.

(Kordinator aksi Dedi Siregar)

(Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia ( LAKSI )

 

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas