BERITA TERBARUHUKUM

KPK Segera Tangkap Sekjen Kemenag

Bongkar dan Usut Tuntas kasus Suap jual beli jabatan yang melibatkan Nurcholis Setiawan ( Sekjen Kemenag RI )

BintangEmpat.Com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan kasus skandal suap jual-beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) yang menyeret Ketua Umum PPP, Romahurmuziy alias Romi. Bahkan Romi juga menyebut nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Hari ini Senini (22/7/2019) Kantor pusat Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, di Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta Pusat, digeruduk puluhan orang dari LAKSI (Lembaga Advokasi dan Kajian Strategis Indonesia).

BACA: Proyek Irigasi Siluman 2 M Tanpa Papan Kerja

Menurut koordinator Laksi, Sadam Nasution, meyakini Romi tidak bekerja sendirian dalam kasus ini. Kemungkinan, ada pejabat Kemenag yang juga terlibat seperti Nurcholis Setiawan (Sekjen Kemenag).

“Tersangka Romi tidak mungkin bekerja sendiri dan KPK sudah punya bukti pihak yang bekerja sama-sama terkait perkara ini,” yakinnya Sadam.

BACA JUGA: Capim KPK 104 Kandidat Lolos Uji Kompetensi

Lanjut Sadam, “Ada pihak-pihak yang bersama-sama di Kementerian Agama untuk meningkatkan seleksi atau proses seleksi atau mengisi jabatan di kementerian agama. ”

KPK terkait dalam kasus ini seharusnya sudah menahan Nurcholis Setiawan karena diduga terlibat dalam kasus jual-beli jabatan di Kemenag, dimana sekjen banyak menempatkan pejabat dan pimpinan yang bermasalah terkena hukuman disiplin berat yang sebenarnya melanggar aturan dan undang-undang ASN.

BACA: KPK Segera Tangkap Menteri Perdagangan

KPK sudah berkali-kali melakukan pemeriksaan dan pemanggilan kepada Nurcholis Setiawan namun sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai status hukum kepada sekjen Kemenag, dan ini mengusik rasa keadilan masyarakat.

Menurut Sadam, “Sudah bukan rahasia umum lagi di kemenag posisi tawar dan pengaruh sekjen sangatlah kuat dan besar sehingga peranan Mentri banyak diambil alih, terutama dalam menempatkan pejabat-pejabat bermasalah yang terkena sangsi disiplin namun dipaksakan untuk diangkat kembali menjadi pejabat dan pimpinan, selain itu sekjen banyak melakukan permainan proyek dan kutipan dana bantuan yang nominalnya cukup besar sehingga merugikan negara. “

BACA JUGA: Komedian Nunung Ditangkap Karena Sabu

“Nurcholis Setiawan juga memiliki mempunyai orang kepercayaan yang bernama Hamam yang dipercaya untuk mengumpulkan dana dari hasil bantuan dan proyek-proyek, sejak di Dispendis dan selain itu juga di bantu oleh Kholis sebagai Kasubdit yang membantu melakukan pengumpulan dana bantuan, ini yang harus di telusuri KPK, ” terang Sadam.

Sadam berharap melalui aksi, KPK dapat membongkar kasus-kasus korupsi Sekjen sejak Dipendis, baik soal pungutan dan bantuan, dan proyek-proyek di Kemenag.

BACA: Anies Disebut ‘Goblok’

Isi 3 tuntutan Laksi:

1. Bongkar dan usut tuntas kasus suap yang dilakukan oleh Nurcholis Setiawan kepada Romi untuk mendapatkan jabatan di Irjen dan Sekjen.

2. Meminta KPK menetapkan status tersangka kepada sekjen Kemenag karena turut serta dalam kasus jual beli jabatan di Kemenag. 

3. Mendukung KPK untuk menahan sekjen Kemenag dalam kasus jual beli jabatan.

*Redaksi

Komentar ditutup.